9 Cara Mudah Meratakan Gigi Tanpa Behel Dan Tentu Membuatmu Hemat

Apakah Anda tahu jika terdapat cara mudah untuk meratakan gigi tanpa behel terbilang cukup banyak dan akan lebih hemat. Tapi sayangnya banyak sekali orang yang tidak mengetahui hal tersebut sehingga menggunakan behel kawat selama bertahun-tahun untuk bisa memiliki gigi yang rata.

9 Cara Mudah Meratakan Gigi Tanpa Behel Dan Tentu Membuatmu Hemat

Mempunyai gigi yang berantakan tentu saja tidak akan menyenangkan karena bisa mengganggu aktivitas bahkan juga bisa mengurangi nilai estetika. Sebetulnya terdapat beberapa jenis permasalahan atau gangguan gigi yang di karena kan oleh gigi yang berantakan. Diantaranya adalah gigi yang berlubang, kurang gigi, gingivitis dan masih banyak.

Tips Mudah Meratakan Gigi Tanpa Menggunakan Behel

Nah, dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk meratakan gigi tanpa perlu menggunakan behel.

  1. Memakai Resin Gigi

Untuk cara pertama yang bisa Anda gunakan ialah dengan cara memakai resin gigi. Cara ini ialah dengan mengaplikasikan resin yang memiliki warna serupa dengan gigi, sehingga resin akan menjadi lapisan dari permukaan gigi.

Bukan hanya itu saja, resin nantinya akan dikeraskan dengan memakai sinar khusus yang berguna untuk membentuk ikatan. Yang mana nantinya bisa mengisi ruang kosong diantara gigi, menghaluskan ujung gigi, bisa menambal lubang gigi bahkan sampai mengembalikan warna gigi yang sudah mengalami perubahan.

  1. Meratakan Gigi Dengan Menggunakan Aligner

Cara meratakan gigi tanpa behelyang kedua ialah dengan memakai Aigner, yang mana cara ini cukup ampuh jika dibandingkan dengan menggunakan behel kawat. Untuk Anda yang masih belum mengetahui aligner, sebetulnya hal ini adalah alat yang menjadi penyangga gigi dengan tekstur yang tipis dan terbuat dari plastik bening. Sehingga pada saat di pakai, aligner ini pastinya tidak akan mengganggu proses ketika mengunyah ataupun menggigit makanan. Apalagi akhir-akhir ini memiliki ukuran yang bisa disesuaikan dengan ukuran gigi dari pemakainya.

Fungsi dari aligner ialah bisa merapatkan struktur gigi yang renggang, dan sedangkan dalam pembuatannya akan disesuaikan dengan kebutuhan ataupun evaluasi dari dokter. Dalam pemakaiannya, hal ini biasanya akan diganti selama 2 sampai 3 minggu sekali sebab akan mengikuti perubahan dari bentuk gigi.

Meratakan gigi tanpa menggunakan behel yang satu ini terbilang cukup unik, sebab aligner dapat dilepas ketika Anda makan ataupun menggosok gigi. Yang artinya Anda yang merupakan pengguna bisa melepas pasangkan aligner sendiri sesuai dengan kondisi ataupun kebutuhan, sehingga kondisi dialihkan akan tetap bersih.

  1. Merapikan Gigi Dengan Kontur Gigi

Walaupun mempunyai prosedur yang cukup konservatif, akan tetapi kontur dari gigi adalah cara yang cukup tepat untuk meratakan gigi tanpa behel. Hal ini dikarenakan cara dalam menerapkan gigi ini akan mengambil sedikit namun giginya sehingga panjang dan juga bentuk gigi bisa dibentuk kembali.

Meskipun cara ini terkesan menjadikan gigi terasa ngilu atau nyeri, tapi rupanya pengambilan dari email gigi sama sekali tidak bisa menjadikan gigi merasakan hal tersebut. Justru ketika proses kontur gigi sudah selesai mandinya anda sudah memiliki bentuk gigi yang lebih indah dan juga rata. Bahkan jika dilihat dari sisi kesehatan hasil dari kontrol gigi bisa memudahkan seseorang untuk menggigit ataupun mengunyah.

  1. Merapikan Dengan Memakai Retainer Gigi

Apabila melihat dari bentuknya, retainer ini memang bentuknya tidak jauh berbeda dengan aligner. Hal ini dikarenakan kedua alat tersebut memang sama-sama terbuat dari plastik bening yang akan menutupi semua permukaan gigi. Terdapat salah satu hal yang membedakan di antara keduanya yaitu itu jika retainer memiliki sifat yang tetap dan ada pula sifatnya yang dapat dilepas pasang seperti aigner.

Namun biasanya ketika Anda memutuskan untuk merapikan gigi menggunakan retainer maka para dokter akan merekomendasikan untuk selalu menggunakannya selama 6 bulan. Penggunaan dari retainer sendiri akan dilakukan setelah anda melakukan perawatan seperti penguat ataupun penambalan gigi. Baru ketika anda sudah menyelesaikan selama 6 bulan tersebut maka penggunaan dari retainer hanya apa dilakukan ketika malam hari saja.

  1. Merapikan Dengan Menggunakan Veneer Gigi

Pastinya sudah banyak orang yang mengetahui apa itu veneer gigi dan salah satu cara inilah yang bisa dipakai untuk meratakan gigi tanpa behel. Meskipun sebelumnya inner gigi ini sangat viral dikarenakan mampu membuat bentuk seperti gigi kelinci.

Veneer adalah lapisan tipis yang pada umumnya terbuat dari porselen yang memiliki warna sama dengan gigi asli yang juga sekaligus bisa memberikan kesan bersih pada gigi. Veneer sendiri kerap kali dipakai untuk merapatkan gigi yang berjarak, biasanya hal ini akan dilakukan ketika behel sudah tidak dapat melakukan perataan gigi.

  1. Memakai Mahkota Gigi

Cara berikutnya ialah dengan menggunakan mahkota gigi, gimana cara ini cukup populer di banyak kalangan. Mahkota gigi sendiri mempunyai bahan layaknya seperti topi karena nanti akan diletakkan diatas permukaan gigi. Itulah mengapa mahkota gigi memiliki fungsi untuk menggantikan sebagian besar permukaan gigi.

Mengenai bahan yang digunakan dalam pembuatan mahkota gigi sendiri ialah bahan porselen apapun persoalan yang sebelumnya telah dilaporkan ke logam. Mahkota gigi sendiri akan membantu untuk mengembalikan kontur gigi serta membuat gigi tampak lebih presisi.

  1. Meratakan Gigi Dengan Melakukan Dental Contouring

Cari yang ke-7 ini ialah dengan melakukan dental contouring, yang mana cara ini terbilang sangat cepat karena dengan mengikis sedikit lapisan enamel gigi. Proses pengikisan enamel gigi ini berguna untuk mengubah panjang bentuk, dan juga permukaan dari giginya.

Umumnya dental contouring akan dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai gigi dengan tekstur tumpang tindih, kemudian bentuk gigi yang terlalu runcing. Sehingga dengan kondisi gigi yang seperti ini akan menjadikan seseorang sangat kesulitan untuk menggigit makanan atau mengunyah.

  1. Melakukan Dental Bonding

Denta bonding adalah salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk merapikan gigi tanpa behel. Yang mana metode ini dapat dilakukan agar bisa memperbaiki gigi yang berlubang, gigi yang retak ataupun gigi yang sudah berubah warna.Bahkan kondisi gigi yang patah pun bisa diperbaiki dengan menggunakan dental bonding.

  1. Melakukan Operasi

Operasi menjadi salah satu cara yang cukup tepat ketika memperbaiki gigi yang terlalu berantakan, dimana untuk metode sebelumnya sudah tidak bisa memperbaiki kondisi gigi. Nantinya bentuk gigi dan rahang akan diperbaik dengan operasi ini.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan gigi yang jauh lebih rapi maka aAda dapat memilih menggunakan klar aligner. Meratakan gigi tanpa behel dengan memakai aligner memang menjadi langkah yang cukup tepat, selain menghemat waktu check up dan juga menghemat uang. Proses dalam merapikan gigi terbilang cukup cepat. Untuk pembelian klar aligner bisa Anda percayakan ke Jasa kami yang sudah melakukan kerjasama dengan dokter gigi bersertifikat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *